Tips Cara Bijak Menghadapi Orang atau Pasangan Yang Egois

Di posting oleh Boedi Wbs pada 01:45 PM, 01-Jul-12

Di: Artikel Umum , Hati dan Cinta , Tips N Trick

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

egois.jpg

Tips Cara Bijak Menghadapi Orang Egois

Bagaimana menghadapi orang yang egois?, Tips menghadapi pasangan yang egois, Cara mengatasi orang egois

Sebelumnya Fakta Unik Tentang Air Mata dan Menangis

Postingan ini saya sambung ke sini Tips Cara Bijak Menghadapi Pasangan Atau Pacar Yang Egois

Dalam hidup sehari-hari, entah di lingkup keluarga, tempat kerja, atau di mana pun, kita pasti pernah berususan dengan orang egois. Orang yang selalu memikirkan kepentingan dirinya sendiri saja, entah karena memang naturnya sudah seperti itu atau karena ia menjadi seperti itu karena satu dan lain hal.nah, bagaimana kita dapat menghadapinya dengan arif untuk kebaikan kita sendiri dan terlebih lagi agar orang itu mengalami perubahan dalam bersikap?

Berikut Tips Cara Bijak Menghadapi Orang Egois :

1. Sabar
Langkah paling dasar dalam menghadapi orang egois adalah bersabar. Tanpa sikap ini, kita akan membuat jengkel olehnya, dan akibatnya kita tidak akan mampu menghadapi orang egois dengan bijak.

2. Peka
Kebanyakan orang egois karena sebenarnya memiliki masalah pribadi yang tidak bisa mereka ceritakan.
Mereka juga kadang egois agar tak memiliki hubungan yang terlalu dekat dengan orang lain yang diakibatkan oleh pengalaman masa lalu di mana mereka disakiti orang dekatnya. karena itu, coba peka dan memahami masa lalunya. Tunjukkan bahwa Anda ingin membantunya mengatasi masalahnya.

3. Berikan Kritik
Jika orang egois itu adalah orang yang Anda kenal baik, maka tidak ada salahnya jika Anda mengkritiknya.
Seorang teman yang baik itu menegur untuk kebaikan temannya.
Kritik ini akan lebih efektif jika hubungan Anda dengan orang yang bersangkutan sangat dekat, di mana saling tegur untuk kebaikan sudah sering terjadi.

4. Utarakan Perasaan
Daripada hanya menunggu dia sadar bahwa dirinya egois, ada baiknya jika Anda mengutarakan perasaan Anda mengenai sikapnya. Namun, hindari sikap dan kata-kata menghakimi (yang biasanya menggunakan kata "Kamu").
Katakan saja apa yang Anda rasakan akibat keegoisannya. kalau Anda kesulitan mengutarakan langsung, Anda bisa memakai media, seperti SMS, email, surat, dll.

5. Berkompromi
Ketika menghadapi teman kerja egois yang tidak pernah mau berkorban untuk tim, misalnya. Alih-alih memprotesnya, Anda bisa langsung meminta dia untuk melakukan tugas A bagi tim. Tapi, ketika memintanya, pastikan Anda sebelumnya sudah pernah melakukan hal itu, sehingga ia tidak merasa bahwa justru Anda yang egois atau tidak fair.

6. Paparkan Keuntungan
Ketika hendak (atau diminta) melakukan sesuatu, orang egois biasanya suka bertanya "Apa untungnya bagiku?" Karena itu, untuk bisa bekerja sama dengan orang seperti ini, Anda harus memaparkan apa keuntungan yang dia dapat dari melakukan sesuatu itu.

7. Pastikan Keuntungan Itu Didapat
Jangan asal memaparkan keuntungan yang akan didapatkan karena melakukan sesuatu, karena jika ia tidak mendapatkan apa yang Anda katakan itu, maka Anda akan kehilangan rasa percayanya.
Dan saat hal ini terjadi, akan sangat sulit untuk mendapakan rasa percayanya lagi. Jika Anda ingin membujuk orang yang egois melakukan sesuatu dengan memaparkan keuntungannya, pastikan peluang keuntungan itu didapat cukup besar.

8. Batasi Interaksi
Jika segala usaha yang Anda lakukan tidak kunjung membuat orang egois menjadi lebih baik, ada baiknya Anda membatasi interaksi Anda dengannya. Yang perlu diingat dalam hal ini adalah membatasi interaksi itu tidak sama dengan memusuhi. Tetaplah bersikap baik saat harus menghadapinya, dan jangan terlalu mudah mengambil hati atas setiap sikap dan tingkah lakunya.

9. Menjadi Cermin Baginya
>> Maksudnya disini adalah, kamu berusaha untuk menjadi contoh bagi dirinya. Ketika kamu sering memenuhi permintaannya, sesekali cobalah kamu meminta kepadanya agar dia mau memenuhi permintaan kamu juga.
Misalnya, “Andi, sudah dua hari kemarin kan saya selalu jemput kamu. Besok gantian, tolong kamu yang jemput saya ya.”.
Intinya dalam permintaan kamu itu memberikan sebuah penegasan bahwa kamu berharap dia harus memenuhi permintaan kamu (gantian, kita yang egois.Hihi)

10. Berikan skak mat!
>> Kamu pasti tahu Skak mat? Istilah yang digunakan dalam permainan catur, ketika menandakan bahwa sang raja sedang berada di ambang kematian.
Jadi maksudnya disini adalah, ketika kamu telah berusaha melakukan segala hal untuk merubahnya tapi dia tidak juga berubah, berikan dia skak mat!.

Misalnya, “Andi, kamu adalah sahabat saya. Jadi tolong dengarkan saran saya! Kalau kamu nggak juga mau mendengarkan, saya bukan lagi sabahat bagimu!”.
Memang disini kesannya kita yang terlihat egois, tapi itu bertujuan demi kebaikan dia, dan juga kebaikan kamu. Dengan ucapan seperti itu diharapkan dia dapat mengintrospeksi diri dan mengetahui bahwa selama ini dia telah membuat kamu menjadi korban keegoisannya.

Bila masih belum terselesaikan juga, silahkan lanjutkan membaca ke sini Tips Cara Bijak Menghadapi Pasangan Atau Pacar Yang Egois


Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

74 tanggapan untuk "Tips Cara Bijak Menghadapi Orang atau Pasangan Yang Egois"

Adam PeBe pada 01:59 PM, 01-Jul-12

PERTAMAX. .
makasih om tipsnya,
.
patut dicoba

Dhic'kHa pada 02:11 PM, 01-Jul-12

infonya menarik sob.
Jangan lupa kumbal ya.
http://dhick.mywapblog.com
http://dhickha.com

Eddy Mahendra pada 02:12 PM, 01-Jul-12

Byr gampang, pututsin az. Hehe..



Btw jgn lupa kunbalnya ya? Gx ada loe gx rame

Nietha Angel Tifany pada 02:30 PM, 01-Jul-12

wahhh bener banget tuh

Exodius pada 02:46 PM, 01-Jul-12

yg pertama itu yg susah, hehee

http://exodia-necross.mywapblog.com/cara-inject-lirik-lagu-ke-file-mp3.xhtml

EL AZIZY pada 02:46 PM, 01-Jul-12

Ini nih yang dibutuhkan banyak orang didunia.

"Dunia Lain" pada 02:49 PM, 01-Jul-12

nyimak aje kang.. Thanks tipsnya biggrin

Alhafany pada 03:03 PM, 01-Jul-12

sangat bermanfaat... Komplit banget..

Mohon dukungannya di blog saya. Terimakasih

Agues19 pada 03:08 PM, 01-Jul-12

mantab kang...
Sukses

Andriy Konomunenii pada 03:13 PM, 01-Jul-12

Tipsnya sangat bermanfaat kawan ..

ous_ne pada 03:26 PM, 01-Jul-12

ane juga egois gan sm pasangan.... biggrin
Ne mau coba berubah.....!nice post gan....

Warkhozs pada 03:46 PM, 01-Jul-12

Knjungan siang mnjelang sore sob smile, i like this artikel'a sob brmnfaat, thanks yah udh share n trus brbagi ..

KLau ad wktu slakan sob mampir aj dblog reokku ini, thx smile

Asep Ahya Al'ansori pada 04:10 PM, 01-Jul-12

wah mungkin ana egois, tapi hanya sekedar mempertahankan beberapa pendirian yg penting tidak merugikan orang lain bro8)

Jokopurnomo pada 04:50 PM, 01-Jul-12

Met siang sob.nice share.ijin save.buat nambah wawasan.salam persahabatan

karyo-bubar pada 04:55 PM, 01-Jul-12

kunjungan sore kang mf,bru bisa hadir, mantap artikel'y sangat br manfa'at sukses slalu

Boedi Wbs pada 06:48 PM, 01-Jul-12

@Adam PeBe,
Silahkan dicoba, biggrin

Boedi Wbs pada 06:49 PM, 01-Jul-12

@Dhic'kHa,
Thanks dah mampir. .

Boedi Wbs pada 06:51 PM, 01-Jul-12

@Eddy Mahendra,
lw pacar dptusin, lw tmenmu gmana?

Boedi Wbs pada 06:52 PM, 01-Jul-12

@Nietha Angel Tifany,
Siipz neng. . biggrin

Boedi Wbs pada 06:53 PM, 01-Jul-12

@Exodius,
Sbar emank berat gan, smile

Boedi Wbs pada 06:54 PM, 01-Jul-12

@EL AZIZY,
Iya gan biggrin Bner mrgreen

Boedi Wbs pada 06:55 PM, 01-Jul-12

@"Dunia Lain",
Silahkan minyak. . biggrin

Boedi Wbs pada 06:57 PM, 01-Jul-12

@Alhafany,
Thanks gan, siap ke tkp. . arrow

Boedi Wbs pada 06:58 PM, 01-Jul-12

@Agues19,
THANKS, Sukses jg gan. .

Boedi Wbs pada 07:00 PM, 01-Jul-12

@Andriy Konomunenii,
Thanks dh mampir, biggrin

Boedi Wbs pada 07:02 PM, 01-Jul-12

@ous_ne,
Smoga bsa brubah jadi spiderman gan, haha mrgreen

Boedi Wbs pada 07:03 PM, 01-Jul-12

@Warkhozs,
Thanks dah mampir, right-arrow

Boedi Wbs pada 07:05 PM, 01-Jul-12

@Asep Ahya Al'ansori,
OK gan bner, yg pnting tdk trlalu. . 8)

Boedi Wbs pada 07:07 PM, 01-Jul-12

@Jokopurnomo,
Silahkan gan, biggrin

Boedi Wbs pada 07:08 PM, 01-Jul-12

@karyo-bubar,
Gpp thanks dah mampir. . biggrin

Acer pada 07:11 PM, 01-Jul-12

Wah ane dpt urutan trakhir,,thanks gan infonyabiggrin

Zazat curink pada 07:20 PM, 01-Jul-12

Info bgus s0b.
thanks biggrin

Boedi Wbs pada 09:37 PM, 01-Jul-12

@Acer,
Sma2 gan, thanks dah mampir, biggrin

Boedi Wbs pada 09:38 PM, 01-Jul-12

@Zazat curink,
Sma2 gan, thanks dah mampir. .

nitha kidrock comunity pada 12:34 PM, 01-Aug-12

thankz tips naa,,,
tmann aq ad egois nee

Susan Purnomo pada 09:06 AM, 30-Sep-12

Sorry ga bermaksud SARA,
yg nulis postingan beragama KrisLam ya???
Koq diatas nulis Amsal (ayat dari Alkitab)
dibawahnya nulis Wassalamu'alaikum Wr.Wb. :p

ACIM pada 11:42 AM, 04-Dec-12

saran di atas suoah di lakukan smua ny...tapi tetap aja blm bisa menyadarkan dia.

hera pada 08:40 PM, 04-Dec-12

tapi gmna ya kalo msalkan kta udah sbar, tapi kn ksbran orang tu psti ad btas na?? trus kalo mslkan dya na ga mau berubah gmna? kan aku dah bil sma dya ve mongan aku mlah msuk kping kanan keluar kuping kiri..

Boedi Wbs pada 06:00 AM, 05-Dec-12

@ACIM dan hera
Bila sudah melakukan smua hal diatas , dia tetap saja egois, kita biarkan saja dia, krna kta sudah brusaha utk myadarkannya,, lw dy tetap gak mw brubah kita diamkan saja dlu,, n lw msh loem brubah jg brarti qt udah gugur kwajiban. .

ACIM pada 04:54 PM, 05-Dec-12

Truz q hrus gie mana dnk....???

ACIM pada 04:58 PM, 05-Dec-12

pusssi ach...

Boedi Wbs pada 05:03 PM, 05-Dec-12

@ACIM,
Dia cp teman atw pacar??

Gni kata simple nya misal temenmu suka merokok, kamu bilangin te2p ja gak mw brhenti ngrokok,truz dy kena jantung. Kan udah gugur kewajiban, yang pnting sudah memberitahu, mengingatkan lw te2p ya sudah jgn memaksa.

Sama juga dg egois, lw sudah brbagai cara dlakukan tapi tetap blum bsa mmbuat dy sdar, brhntilah jgn dipaksa..

Pasti suatu saat dy sadar, dari lubuk hatinya sndiri. .

ACIM pada 05:16 PM, 05-Dec-12

Istri...Serbasalah ne bos...kl ga sayang sm anak udh aq cerai dari dl...

Boedi Wbs pada 05:41 AM, 06-Dec-12

@ACIM,
Wah, susah juga tu, tapi maaf saya udah gak bsa bntu, sya jga msh kecil, loem ngrti msalah rumah tangga. .

asra pada 10:06 PM, 20-Dec-12

mksih ea tas infrmsi ny...

rian pada 10:32 PM, 24-Feb-13

gmana misalnya dia masi egois

Boedi Wbs pada 09:57 AM, 26-Feb-13

@rian,
Brarti qt harus sbar menghadapi org seperti itu,, hatinya msh blum trbuka. .

hana hasby pada 03:40 AM, 12-Mar-13

Syukran katsiran atas iNfo nya

evi pada 12:46 PM, 23-Mar-13

Tp cape jg menghadapiNya, klu msh pacar mendingan udahan . Mks sarannya

Bayu peacelove pada 11:34 AM, 11-Apr-13

I like artikel u membrikn^ku bnyk jalan d^mn qu hruz memulai.a

burhant pada 07:39 PM, 19-Apr-13

lw aku sih buang ke laut aja....

reni pada 04:20 PM, 22-Apr-13

makish ya...

shinta saputra pada 10:49 AM, 06-May-13

Good idea , good artikelnya .. Nd itu aqu bgd .. Mmng bnr mnghadapi org egois tdklah mudah , pstii seringkali qta yg hrs mengalah , stiap hbungan jika salah satu ada yg egois , yg satu hrs lah ttp mnjdi air yg tenang , krn org yg egois adalah api .. smile klw dua"nya egois , sypa yg mau ngalah ?? smile sabar lah tujuan utamanya ..

cha pada 03:34 PM, 16-May-13

percis bgt sma aph yg aku rasakan,

Boedi Wbs pada 05:13 PM, 16-May-13

@cha,
Iya smoga bsa membantu masalah kamu. . biggrin

wulan pada 09:44 AM, 21-May-13

punya cowo egois . malah sya yg jdi pusing !!

yetti pada 12:48 PM, 21-May-13

q udah coba sbar n diam tp pasangan q mlah nyalain q gmn donk

Boedi Wbs pada 02:18 PM, 21-May-13

@wulan,
Begini, ego nya trlalu gak atw wajar gak, kalau emank gak wajar n keterlaluan jujur blg ke dy "kau trlalu egois".

Entah ap nanti responnya te2p hruz dtrima,, kalau ptuz mlah jadi brkah bwt kamu, krna trhndar dr makhluk ego. .

Boedi Wbs pada 02:21 PM, 21-May-13

@yetti,
Nyalahin gmana ya?
Kurang bgitu mengerti,, tapi bila emank kmu diam mlah mbwt dy g nyman n marah, mending ju2r padanya, lw dy trlalu egois. .

Entah dy mw mrubah atw gak pkir blakangan yg pnting kamu ju2r dlu,, smoga membantu

Januar triandy pada 03:28 PM, 21-May-13

font'nya mana nih? Tdk kelihatan biggrin

rendla pada 03:31 PM, 23-May-13

sodara gua orangnya udah egois banget. gak bisa di sembuhin sampe dia gak punya temen satupun. pernah waktu itu ada yang pengen ngebunuh dia trus di mutilasi. namanya inal. hati-hati kalo ada yang kenal sama ni orang jauhin aja.

Pipit pada 12:38 PM, 28-May-13

Tpi knpa dngn pasanganp sya tdak bsa mengrti akn perasa2n sya, egois dya itu trlalu tnggi sehngga slalu sya yg d.tndas dn slalu menggalh padhal sya sudh bnyak brkorbn dmi dya

Boedi Wbs pada 01:56 PM, 28-May-13

@Pipit,
Mhon bca postingan saya yg baru, disana ad cra yg lebih baik. .

iva pada 03:59 PM, 28-May-13

no. 3 ada surat amsal.. tp akhirannya ada wassalamualaikum.. gimana iniiii...

Boedi Wbs pada 04:53 PM, 28-May-13

@iva,
Maaf ad kesalahan sedikit. .

Windy pada 09:27 AM, 17-Jun-13

Semua cr udh ak lakukan tp hasilny nihil sama sekali ga berubah,pgn skakmat ci seperti saran d atas,tp kt pasutri..tlng yaa ksh saran'na,tyap hr cuman d jadiin pelampiasan keegoisan'na

Boedi Wbs pada 11:23 AM, 17-Jun-13

@Windy,
Udah nyoba sambungannya, kan artikel ini msh ada lanjutannya. .

masrida pada 11:21 PM, 21-Aug-13

bagaimana kalo kita dah sabar trus g brobah jg? Tp saya akan cba lg mdah2han psangan saya ngerti..

Boedi Wbs pada 03:58 PM, 22-Aug-13

@masrida,
Semoga dia cepat sadar. .

wahyu slmania sjati pada 09:58 PM, 15-Sep-13

tpi om jka dia slalu mementingkan dirix sendiri gmna om crax bwat dia bza deket lgi ma kita?

Boedi Wbs pada 05:48 AM, 16-Sep-13

@wahyu slmania sjati,
Diamkan dia dalam beberapa waktu, 2hri/1 minggu. .
Kalau dia menyayangi anda pasti dia akan sadar dan kembali pada anda.

Boedi Wbs pada 11:14 AM, 27-Dec-13

@faizah,
Kenapa kasihan, apa memang sbnarnya dg kdkatanmu sma dy tu tmbul rasa sling suka??

kinai pada 10:38 AM, 25-Mar-14

Misalnya, “Andi, kamu adalah sahabat saya. Jadi tolong dengarkan saran saya! Kalau kamu nggak juga mau mendengarkan, saya bukan lagi sabahat bagimu!”.Memang disini kesannya kita yang terlihat egois, tapi itu bertujuan demi kebaikan dia.
kalo kata kata itu untuk pasangan ku,pasti dia akan mengatakan iya untuk putus.
tolong kasih saran lagi

Boedi Wbs pada 06:02 PM, 25-Mar-14

@kinai,
Memang sangat sulit untuk menghadapi sang kekasih yg egois. .
Sya sndri juga sdang mengalaminya dan juga blum menemui ti2k terang <solusi>.

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar